Makassar, salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner khasnya yang menggugah selera. Dari hidangan berbahan dasar ikan, daging, hingga makanan penutup, Makassar menawarkan berbagai macam kuliner yang unik dan lezat. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang keunikan kuliner khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu hidangan khas Makassar yang paling terkenal adalah Coto Makassar. Coto adalah semacam sup dengan bumbu kacang yang kaya rasa. Daging sapi yang empuk dan kuah yang gurih menjadikan hidangan ini sangat menggugah selera. Biasanya disajikan dengan ketupat atau buras, Coto Makassar adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati saat cuaca dingin atau sebagai hidangan utama yang mengenyangkan.

1. Konro

Konro adalah daging iga sapi yang dimasak dengan bumbu khusus dan dibakar hingga empuk. Hidangan ini memiliki rasa yang khas dan daging yang lezat. Konro biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal khas Makassar. Jika Anda penggemar daging sapi, jangan lewatkan hidangan ini saat mengunjungi Makassar.

2. Pallubasa

Pallubasa adalah semacam sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Makassar. Daging sapi yang empuk dan kuah yang kental menjadikan hidangan ini sangat lezat. Biasanya disajikan dengan ketupat atau buras, Pallubasa adalah hidangan yang cocok untuk dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca dingin.

3. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan sop daging sapi dengan kuah yang bening dan segar. Hidangan ini terkenal karena rasa daging sapi yang lezat dan kuah yang gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan pelengkap seperti emping atau kerupuk, Sop Saudara adalah pilihan yang tepat untuk penggemar hidangan sop.

4. Mie Titi

Mie Titi adalah mie khas Makassar yang terbuat dari tepung terigu dan telur. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa. Dengan tambahan irisan daging sapi, daun bawang, dan bawang goreng, Mie Titi adalah hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati sebagai makan siang.

5. Pisang Epe

Pisang Epe adalah makanan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang yang dipanggang dan ditumbuk hingga pipih. Pisang Epe biasanya disajikan dengan tambahan saus karamel dan parutan kelapa. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan manis yang pas untuk mengakhiri hidangan kuliner khas Makassar.

6. Jalangkote

Jalangkote adalah sejenis pastel khas Makassar yang terbuat dari adonan tepung terigu dan margarin yang digoreng hingga renyah. Jalangkote biasanya diisi dengan campuran daging sapi, kentang, dan bumbu rempah khas Makassar. Hidangan ini sangat cocok sebagai camilan atau makanan ringan.

7. Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi adalah hidangan sop konro yang terkenal di Makassar. Hidangan ini memiliki kuah yang kental dan bumbu yang kaya rasa. Dengan tambahan daging iga sapi yang empuk, Sop Konro Karebosi adalah hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati sebagai hidangan utama.

8. Pallubasa Sop Saudara

Pallubasa Sop Saudara adalah kombinasi antara hidangan Pallubasa dan Sop Saudara. Hidangan ini memiliki kuah yang kental dan daging sapi yang empuk. Biasanya disajikan dengan ketupat atau buras, Pallubasa Sop Saudara adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati saat cuaca dingin.

9. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah hidangan berbahan dasar ikan cakalang yang diasap dan digoreng hingga kering. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal khas Makassar, Cakalang Fufu adalah hidangan yang cocok untuk penggemar ikan.

10. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah makanan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang hijau yang dibalut dengan adonan tepung ketan dan disajikan dengan sirup gula merah dan santan. Es Pisang Ijo memiliki rasa yang manis dan segar, cocok untuk menghilangkan dahaga setelah menikmati hidangan khas Makassar.

Dalam artikel ini, kami telah mengulas beberapa kuliner khas Makassar yang unik dan menggugah selera. Dari hidangan berbahan dasar daging sapi, ikan, hingga makanan penutup, Makassar menawarkan berbagai macam hidangan yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi kota ini. Selamat menikmati!

Share: